About Me

header ads

Mari Cari Tahu Perbedaan Internet Banking, Mobile Banking dan Sms Banking!


OrbitinInternet adalah jaringan komunikasi nirkabel yang telah merubah cara manusia dalam melakukan berbagai hal, salah satunya adalah melakukan transaksi perbankan. Berkat adanya jaringan internet melakukan transaksi jadi lebih mudah, mulai dari mengecek saldo, bertransaksi bahkan penyetoran uang sekalipun bisa dilakukan melalui telepon genggam.

Semua jadi lebih mudah berkat hadirnya fitur Internet Banking, Mobile Banking dan Sms banking. Tapi tunggu dulu, kamu tau gak sih perbedaan dari ketiga fitur atau layanan tersebut?

Ayo kita kupas satu persatu, seperti dikutip dari Tunaiku

Internet Banking (I-Banking)



Layanan yang kaya fitur.
Akhir-akhir ini layanan Internet Banking (i-Banking) merupakan salah satu layanan unggulan yang ditawarkan oleh perbankan untuk memudahkan para nasabah melakukan transaksi, fungsi dari Internet Banking sendiri bahkan sudah mengungguli ATM, kecuali untuk tarik tunai.

a. Fitur

  • Informasi rekening dan kartu kredit, yang mencakup posisi saldo, histori transaksi, daftar rekening, Termasuk rekening giro, deposito, tabungan rencana, termasuk melihat informasi kurs saat ini.
  • Transfer dana, baik sesama rekening bank maupun antar bank, termasuk fitur transfer terjadwal.
  • Melakukan pembayaran tagihan listrik, telepon, kartu kredit, asuransi ataupun e-commerce.

b. Keunggulan

  • Bisa diakses di perangkat PC, laptop, ponsel atau tablet dan yang terpenting ada koneksi internet.
  • Bisa diakses dimanapun dan kapanpun 24 jam non stop.
  • Dilengkapi dengan sistem keamanan yang ketat dan berlapis.
  • Untuk perubahan data, kamu memerlukan token yang hanya bisa didapat dari Bank bersangkutan.

Mobile Banking (M-Banking)



Transaksi langsung dari ponselmu.
Berbeda saat dulu, ketika kamu diharuskan menggunakan kartu SIM tertentu, kini Mobile Banking bisa dimanfaatkan dengan mengunduh aplikasinya di ponselmu dan Mobile Banking adalah layanan perbankan yang hanya bisa diakses via Ponsel

a. Fitur

  • Transfer antar rekening ataupun antar bank.
  • Pembayaran tagihan, seperti tagihan kartu kredit, telepon, internet dan tagihan lain lain.
  • Pembelian Voucher, pembayaran E-commerce ataupun topup saldo transportasi online.
  • Informasi rekening dan kurs. Sebagai pengaman transaksi, M-Banking biasanya menerapkan sistem OTP ( One Time Password ) yang akan dikirimkan via SMS ke ponsel yang bersangkutan dan sistem ini juga hanya berfungsi pada kartu SIM yang masih aktif dan telah terdaftar.

SMS Banking



Bertransaksi lewat layanan SMS.
Dibandingkan dengan layanan lainnya, fitur SMS banking memang paling terbatas penggunaannya. Tapi kamu malah bisa memanfaatkan layanan ini tanpa koneksi internet. Jadi, cukup mudah bila kamu sedang berada ditempat yang tidak terkoneksi layanan internet.

a. Fitur

  • Informasi saldo, mutasi rekening dan informasi kurs
  • Informasi kartu kredit
  • Transfer dana dan pembayaran. Untuk melakukan transaksi lewat SMS Banking, kamu hanya perlu memasukan perintah dan kode akses ke nomor operator layanan SMS Banking yang bersangkutan dan kamu akan dikenakan tarif pulsa sesuai dengan biaya layanan yang diterapkan oleh Bank bersangkutan.

Tips
Tapi meskipun cukup aman hal ini bukan berarti benar benar aman, pasti akan ada saja kasus pencurian data ataupun pencurian saldo pada rekening kita, oleh karena itu untuk para Orbiters janganlah menggunakan perangkat yang bukan milik kita sendiri dan pastikan ponsel kita benar benar bersih dari virus dan hindari menggunakan koneksi internet terbuka seperti Wifi Publik.

Post a Comment

0 Comments